Sabtu, 06 Mei 2017

Pengertian kebajikan

pengertian kebajikan



asal kata "bajik", yang berarti baik. kata "kebajikan" merupakan hasil dari berbuat bajik {baik}. kebajikan sangat berkenaan dengan peran tingkah laku dan perbuatan. dengan demikian kata lain daripada kebajikan itu sifatnya dinamis, tidak pasif atau hanya menunggu pasrah tanpa usaha.

selain itu, di dalamnya {dalam kebajikan} terkandung unsur gatra gerak dan bertujuan. adanya unsur gatra gerak di dalam kebajikan, maka sasaran dinamika gerak yang direpresentir adalah peran tingkah laku dan perbuatan harus tertuju kepada:

A. pengabdian yang tulus ikhlas tanpa pamrih dan dilandasi oleh kesadaran menghayati rasa manusiawi. bentuk pengbdian mencerminkan sikap tolong menolong sebagai suatu keharusan solidaritas sosial.

B. kemampuan mengaktualisasikan tingkah laku dan perbuatan yang baik melalui hubungan sosial di dalam interaksi antar sesama sangat ditentukan oleh sejauhmana peran tingkah laku dan perbuatan itu dapat diterima sebagai sesuatu yang layak, tidak tercela.

C. usaha meningkatkan jalinan hubungan antar sesama berasaskan penilaian yang esensial saling menguntungkan, yaitu selain tidak merugukan diri sendiri, juga tidak merugikan orang lain. disamping tidak menimbulkan konflik dilain pihak, tidak pula mengorbankan orang lain.

apabila di dalam kebajikan itu sasaran dinamika gerak yang diperankan oleh tingkah laku dan perbuatan mempunyai tujuan, maka yang dituju adalah:
  1. tingkah laku dan perilaku yang terpuji, tidak membeda-bedakan, juga tidak pilih kasih. mengutamakan yang memerlukan bantuan atau pertolongan tanpa memikirkan imbalan yang di berikan. memupuk toleransi dalam upaya tolong menolong di dalam segala aktivitas yang baik dan saling memperbaiki.
  2. menghindariperan tingkah laku dan perbuatan yang bersifat semu, serta bersikap pura-pura {faccinated}. alasannya mudah mengundang kemunafikan, tidak berpendirian, tak dapat dipercaya, mudah terpengaruh.
  3. harus berusaha meningkatkan terbinanya akhlakul kharimah sejak dini sampai dewas. intinya terletak pada lingkungan keluarga yang berperan sebagai pendidik utama. tingkah laku dan perbuatan terpuji tidak perlu dipuji. karena yang menilai baik atau tidaknya tingkah laku dan perbuatan-perbuatan itu adalah masyarakat.
bertolak dari pembahasan seperti dipaparkan, konsepsi tentang kebajikan menurut pandangan islam khususnya menurut kasim {1986:155} sebagai berikut:

pola hidup muslim berbuat kebajikan yaitu berbuat baik kepada manusia. pengertian berbuat baik ini banyak sekali. kita harapkan setiap tarikan napas dari muslim ini akan merupakan kebaikan baginya. lapangan untuk berbuat baik ini akan berbeda antara pengertian manusia dengan Allah SWT. sebab kadang-kadang ada sesuatu yang kita katakan baik, namun untuk Allah SWT hal tersebut jelek . dalam bertolong-tolongan saja sudah jelas kita menolong seseorang kawan kita dianggap itu baik, tetapi Allah SWT sudah membedakan "bertolong-tolongan dan bergotong-royong" boleh tapi dalam masalah takwa kebaikan, namun jangan dalam masalah kedosaan dan persengketaan".

pada hakekatnya berbuat baik kebajikan itu intinya adalah  bernilai takwa, juga bernilai ibadah, sekaligus di dalamnya mengandung amal yang memperlancar hubungan dengan Allah SWT dan hubungan dengan sesama manusia.



tolong komentar nya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar